Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Simak Jenis dan Fungsi Helm Motor untuk Kebutuhanmu

Mas Bro…

Pernah ngga sih waktu di jalan raya tiba – tiba lihat pengendara motor yang ngga pakai helm dan bahkan ngebut? Serasa pembalut  pembalap di jalanan. Padahal peran dari helm sangat penting untuk melindungi bagian kepala kita saat terjadi cidera saat berkendara.

Karena helm ini fungsinya sangat krusial buat keselematan dalam berkendara, sebaiknya memilih helm yang terbaik dan pastinya pas, tidak kebesaran dan kekecilan. Kalau ngomongin estetika, pastinya juga perhatikan juga jenis motor dan kebiasaan kamu waktu naik motor.

Simak jenis-jenis helm motor dan kelebihannya pas kamu pakai saat berkendara.

1. Shorty Helmet

nullHelm jenis ini biasa juga disebut helm cetok karena bentuknya yang cuma nempel di kepala. Fungsinya untuk melindungi bagian kepala yang paling atas. Karena bentuknya yang sederhana, material yang dipakai oleh helm ini biasanya sangat keras.

Beberapa pengendara moge (motor gede) biasanya suka banget pakai helm jenis ini. Kamu pun bisa pilih shorty helmet ini untuk berkendara, tapi pastikan pakai buff atau pelindung mulut dan hidung untuk mencegah polusi terhirup langsung, ya.

2. Half Face Helmet

Jenis yang satu pasti familier buat kamu karena sudah banyak ditemukan di jalan-jalan raya. Helm half face ini punya proteksi yang lebih banyak di bagian kepala. Selain itu, helm half facejuga lebih mudah dipakai dan dilepas. Bagian mulut pun tidak tertutup dan tetap bisa nyaman mengobrol dengan teman yang dibonceng.

Jika memilih helm jenis ini untuk keperluan sehari-hari, pastikan material yang dipakai cukup kuat terhadap benturan. Juga, busa di bagian dalam yang juga wajib empuk, ya. Kamu enggak perlu ragu untuk pilih helm ini, Friends. Half Face Helmet cocok untuk semua jenis motor, kok.

3. Open Face Helmet

Helm yang satu ini juga jadi favorit para pengendara motor belakangan ini. Selain karena tren, helm jenis yang satu ini juga cukup modis. Open Face Helmet paling cocok bila disandingkan dengan motor jenis klasik, baik yang matik atau yang manual. Bagian yang paling menarik dari jenis helm ini adalah penuh dengan motif dan banyak aksesorinya. Open Face Helmet ini juga bisa dipasang dengan banyak kaca depan yang bervariasi.

4. Full Face Helmet

Buat yang pakai motor dengan kopling atau istilahnya “motor cowok” pasti lebih disarankan untuk pakai helem jenis ini. Dari sisi keamanan, helm full face melindungi semua bagian kepala hingga dagu. Jika kamu pakai helm ini pasti bisa terlindung dari air hujan, debu, kerikil, dan benda lain yang bisa membahayakan saat berkendara. Jadi, helm ini cocok untuk berkendara jauh atau touring dengan komunitas motor.
Karena helm full face bagiannya cukup tertutup, kamu harus rajin membersihkannya supaya tidak bau. Kamu bisa mencuci bagian dalam helm dan menjemurnya sendiri atau membawanya ke tempat cuci helm setiap satu bulan sekali.

5. Modular Helmet

Kalau bingung mau pilih helm yang mana, pilih saja helm modular yang bisa berubah jadi helm full face yang cukup aman untuk pergi touring. Kamu pun cukup buka bagian depan helm dan dengan cepat bisa kamu buka menjadi helm half face yang lebih simpel. Jadi, kamu tidak perlu lagi untuk beli dua helm yang akan dipakai di dua waktu berbeda, Friends.

Namun, ada baiknya kamu tidak mengganti mode helm saat sedang berkendara, ya. Membuka bagian depan helm biasanya menggunakan dua tangan. Jadi, kamu harus menepi dulu untuk mengubah modenya.

6. Cross Helmet

Kamu yang suka bertualang dengan motor trail pastinya tahu dengan jenis helm yang satu ini. Cross Helmet punya bentuk yang sangat khas dengan penutup di bagian atas seperti topi dan bagian pelindung dagu yang lebih panjang. Keamanan memang jadi yang dikedepankan dari helm ini karena memang biasa digunakan di jalanan tanah dan bebatuan.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa pakai helm cross di jalanan aspal. Jika pakai motor trail sehari-hari, pastinya kamu akan lebih cocok dengan helm jenis ini. Nah, ada baiknya warna helm disesuaikan dengan warna motor kamu, ya, biar semakin keren.

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: