Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Motor Matic Terobos Banjir, Aman Ga?

Mas bro…

Melihat beberapa hari terakhir di beberapa kota di Indonesia terkena bencana alam (banjir), maka admin sedikit coba memberikan info sedikit bagi para pengguna motor matic khususnya nih. Apa itu?

Ngomongin hujan deras, bahkan sampai banjir apalagi pas waktunya kita lagi pulang kerja / pulang ke rumah pasti sangat menyebalkan. Dan dari kejauhan sudah terlihat genangan air yang berlebihan (banjir), tetapi kita tetap harus pulang melewati jalan itu, nah bingung kan?

Yang paling penting sebenernya adalah saat motor matic kita (terpaksa) melibas genangan air atau banjir, jangan sampai ketinggian airnya itu melebihi filter udara.

Adapun letak boks filter udara motor matik biasanya ada di atas CVT. Jika ditarik garis lurus ke depan, letak filter udara ini umumnya sejajar dengan foot step belakang dan sedikit di atas dek depan.

Jika air sudah hampir menyentuh foot step belakang atau genangan air mulai menggenangi dek depan, sebaiknya jangan dipaksakan. Sebab air bisa masuk ke ruang filter udara.

Air yang masuk ke ruang filter udara bisa berbahaya karena berpotensi tersedot ke ruang bakar. Efeknya, motor bisa terkena efek water hammer yang bikin stang piston bengkok.

Tidak hanya itu, air yang menggenangi komponen CVT juga bisa membuat jeroan CVT seperti v-belt, puli, rumah kopling, dan kampas ganda rusak.

Nah, yakin masih mau nerabas banjir?

 

BACA JUGA :

Modifikasi Ringan CVT agar Tarikan Kendaraan Lebih Lembut dan Bertenaga

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: