Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Modifikasi Ringan CVT agar Tarikan Kendaraan Lebih Lembut dan Bertenaga

Mas bro…

Terkadang para bikers mungkin merasa kurang puas dengan sepeda motornya (termasuk admin juga), dan seringkali dilakukan modifikasi mulai dari yang ringan hingga berat (bore up, stroke up dll). Nah kali ini admin bakal coba bahas modifikasi ringan untuk motor matic nih. Penasaran kan?

1. Ubah bobot komponen roller pada CVT

Keberadaan roller dalam sistem kerja CVT memiliki peranan yang cukup krusial yakni sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya.

Nah, karena keberadaannya yang cukup penting tersebut, Anda bisa mengakali atau meng-upgrade komponen roller ini dengan cara yang lebih cerdik. Anda bisa memainkan atau mengubah bobot roller yang biasanya dibekali oleh pabrik dengan beban massa yang cukup berat.

Penggunaan roller yang lebih ringan akan membuat kinerja sistem CVT motor Anda akan jauh lebih mulus saat digunakan berkendara.

2. Perpanjang jalur roller kendaraan Anda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa roller bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Artinya, komponen ini memiliki jalurnya tersendiri di mana Anda dapat mengubah atau mengotak-atik jalur tersebut sesuai dengan preferensi.

Tentunya, jika Anda mendambakan tarikan mesin motor yang lebih ringan, Anda bisa mengubah jalur tersebut menjadi sedikit lebih panjang. Dengan demikian, komponen roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada putaran teratas dapat lebih terisi dan mengoptimalkan kinerjanya.

Untuk melakukan upgrade pada komponen ini, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel atau dengan mengopreknya sendiri dengan alat yang Anda miliki. Bisa dengan menggunakan mata bor tuner ataupun dengan menggunakan alat bantu yang biasa digunakan untuk mengeruk. Poin utamanya adalah untuk membuat jalur komponen roller tersebut lebih presisi dan landai agar ia dapat bergulir dan berfungsi dengan sempurna.

3. Mengganti komponen per pada CVT

Modifikasi ringan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja dari CVT adalah dengan mengganti komponen per yang sudah terpasang. Mekanik bengkel biasanya akan menyarankan Anda untuk menggunakan per yang memiliki karakter lebih keras dan sedikit lebih panjang. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses akselerasi dalam kendaraan.

Produk per CVT ini dapat dengan mudah Anda temukan di bengkel atau toko otomotif yang menjual barang-barang aftermarket. Pada dasarnya, Anda bisa menyesuaikan penggunaan per tersebut sesuai dengan preferensi. Namun juga harus disesuaikan dengan spesifikasi dari motor atau kendaraan roda dua yang Anda miliki.

Nah, itulah tadi beberapa modifikasi ringan yang bisa Anda lakukan untuk mempermulus tarikan motor matic Anda. Dengan demikian, pengalaman berkendara Anda pun akan jauh lebih nyaman dan menyenangkan. Tak akan ada lagi suara berisik yang ditimbulkan pada saat handle gas ditarik. Karena dengan beberapa modifikasi di atas, motor Anda sudah dapat dikendarai dengan jauh lebih ringan.

2 thoughts on “Modifikasi Ringan CVT agar Tarikan Kendaraan Lebih Lembut dan Bertenaga

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: