"> Karburator atau Injeksi. Mana Yang Lebih Baik ? - Becak Roda Dua

Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Karburator atau Injeksi. Mana Yang Lebih Baik ?

Mas Bro…

Seiring perkembangan jaman saat ini, motor karburator sudah mulai di tinggalkan. Para pabrikan motor sudah mulai menghasilkan motor injeksi untuk pasar roda dua nya. Tetapi, untuk motor karburator pun tidak ditinggalkan bagi para pecinta setia nya.

Diawal kemunculan motor injeksi ini, banyak mendapat pro dan kontra terutama dari para mekanik bengkel umum. Karena mereka beranggapan motor injeksi harus di servis di bengkel resmi. Tetapi ternyata setelah seiring waktu, perawatan motor injeksi juga tidak se sulit yang dibayangkan. Nah mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari motor dengan karburator atau dengan injeksi dibawah ini.

Kalau dari segi konsumsi bahan bakar, mesin injeksi itu pasti lebih irit dari karburator ya, karena bahan bakar yang disemprotkan lebih presisi. Mesin injeksi lebih irit karena bahan bakar yang disemprotkan melalui lubang injektor mengeluarkan partikel lebih kecil, sehingga lebih mudah terbakar.

Beda dengan sistem karburator yang mengandalkan proses pengabutan partikel bahan bakar secara mekanis, hanya mengandalkan kevakuman udara di ruang bakar. Meski dari segi konsumsi bahan bakar karburator lebih boros dari injeksi,  karburator punya keunggulan lain, karena gampang dimodifikasi untuk meningkatkan performa motor.

Untuk perawatan motor injeksi pun sebenarnya tidak sesusah yang dibayangkan, karena saat servis, tinggal membersihkan saringan udara dan membersihkan lubang injektor pakai cairan carbon cleaner. Kalau motor karburator kan harus bongkar karbunya, cek pilot jet, main jet, dan pelampung bensinnya.

Dan jika ada anggapan bahwa servis motor karburator bisa dilakukan sendiri di rumah oleh pemiliknya, maka sebenarnya motor injeksi pun bisa dirawat secara mandiri. Misal untuk membersihkan ruang bakar, tinggal tuang cairan carbon cleaner ke tangki bensin setiap 3.000 km sekali, maka tarikan mesin bisa jadi lebih enak lagi,

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: