Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Jangan Sepelekan Hal ini Ketika Habis Mudik

Bro n sist…

Lebaran telah usai, liburan pun sudah selesai dan sekarang saat nya kembali beraktifitas. Tapi ada yang perlu di ingat adalah ketika para pengendara roda dua alias sepeda motor, terkadang mereka lupa untuk mengecek kembali kondisi motornya setelah dipakai mudik ataupun bepergian jauh (bahasa keren nya touring).

Nah, kali ini admin jb bakal bagi – bagi tips perawatan motor setelah melakukan perjalanan mudik lebaran, diantaranya adalah :

  1. Ganti oli
    Pada umumnya pergantian oli pada sepeda motor dianjurkan setelah 4.000 km, oli mesin harus diganti. Tetapi justru hal sepele ini yang sering kita lupakan karena sudah beraktifitas seperti biasa.
  2. Filter Udara
    Hal ini juga penting dilakukan pengecekan dikarenakan biasanya setelah melalui perjalanan jauh, maka filter udara akan berdebu dan menghitam yang mengakibatkan menurun nya performa kendaraan roda dua agan sekalian.
  3. Rantai atau CVT
    Pengecekan rantai atau cvt (biasanya vanbelt) juga perlu dilakukan pengecekan bahkan penggantian apabila memang sudah waktunya ganti akibat pemakaian jarak jauh yang membutuhkan kerja ekstra dari komponen sepeda motor ini. Jangan sampai karena kita lupa mengganti dan mengeceknya,tiba – tiba putus di tengah jalan.
  4. Cek Kampas Rem
    Bagian ini sangat penting alias vital bro n sist kalau kita sampai lupa untuk ngecek kondisi kampas rem sepeda motor kita. Cara ngeceknya sebenernya gampang banget, Untuk disc brake, bila tabung reservoir olie dibdekat Handel rem sudah di posisi low maka waktunya ganti pad set/kampas cakram. Untuk kampas rem belakang/rem tromol dapat melihat indikator di bagian tromol rem.
  5. Cek Kondisi Busi
    Nah untuk yang ini biasanya gampang dilakukan untuk sepeda motor sport maupun bebek. Kita tinggal buka cop busi dan memeriksa kondisi busi untuk memastikan apakah busi masih layak pakai atau sudah waktunya diganti (pada CBR 150R setiap 24000km dan motor biasa diangka 8.000KM)
  6. Pengecekan Ban
    Dan yang terakhir ngga kalah pentingnya yaitu pengecekan kondisi ban sepeda motor. Cara ngeceknya pun sebenernya gampang – gampang susah, yaitu dengan memperhatikan tanda yg namanya tire wear index, berupa segitiga kecil di dinding samping ban, bila di tarik ke tengah maka pada bagian alur tengah ban ada yg sedikit lbh tinggi dari alur yg lain. Apa bila bagian yg sedikit (sekitar 1mm) lbh tinggi di bagian alur tengah dari tanda segitiga sudah rata dengan permukaan ban, maka saat itu ban luar sudah waktunya ganti.

“Dan untuk para pengendara roda dua kini ngga perlu khawatir apabila mau melakukan penggantian sparepart di AHASS, karena kini sudah tersedia Pit express yang bisa langsung dilakukan penggantian tanpa perlu menunggu antrian lama” kata Satyo Prahnowo selaku TSD Division Head MPM.

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: