Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Intip Fungsi Fitur ISS di Skutikmu

Mas Bro…

Ngomongin masalah motor pasti ga ada habisnya, selalu ada aja yang menarik untuk dibahas. Nah kali ini admin bakal bahas sedikit tentang salah satu fitur motor yang ada di skutik, yaitu tentang fitur idling stop system (ISS). Motor jaman sekarang tentunya sudah di bekali dengan dua tombol di sebelah kanan yang bertuliskan Idling – Idling Stop Sistem.

Terkadang kita penasaran tentang fitur ini dan menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli motor baru di dealer motor. Kalaupun kita tanya ke sales nya pun jawaban simpel nya mungkin seperti ini “fitur ISS ini guna nya biar motor bisa mati otomatis ketika di lampu merah dan cukup putar gas ketika mau nyalain lagi”. Penjelasan secara garis besar nya mungkin kurang lebih seperti itu, tapi tau ngga kalau sebenarnya fitur ISS ini juga bisa bikin hemat bahan bakar ketika kita berkendara di jalan raya?

Pengertian Idling Stop System (ISS)

Teknologi Idling Stop System (ISS) adalah sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah.

Teknologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Sehingga kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Cara Kerja Idling Stop System (ISS) :

Pastikan posisi tombol Idling Stop sudah anda tekan dan lampu indikator pada speedometer sudah menyala. Dan setelah motor dijalankan maka sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) atau yang biasa disebut ECU untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa Idling Stop sedang aktif dan sedang digunakan.

Saat handle gas (throttle) kita buka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal ke ECM untuk memberitahu altenator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala. Kejadian ini akan terus menerus berlangsung selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi jika tombol Idling Stop tidak diaktifkan maka Idling Stop tidak bekerja, jadi jangan sampai lupa menggeser switch nya mas bro.

Dan yang paling penting, pastikan kondisi mesin sudah cukup panas sehingga fitur ISS ini bisa berjalan dengan benar. Jadi kalau mesin baru dipakai pagi hari dan belum panas betul, fitur ini ngga bakal bisa digunakan.

Fitur ISS ini sudah disematkan di beberapa skutik Honda jaman sekarang, jadi pastikan kita mengenal fitur switch Idling – Idling Stop Sistem ini mas bro, biar ngga dibilang ketinggalan jaman.

 

Baca Juga :

Intip Perbandingan Skutik Terlaris Honda

Intip Perbandingan 2 Skutik Honda yang Lagi Ngetrend ini

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: