Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Intip Cara Ngerem Yang Baik dan Benar

Saudara dan saudari yang budiman, kali ini admin bakal ulas sedikit tentang cara ngerem yang benar buat pengendara motor roda dua. Yuk dibahas sebentar aja.

Meskipun kelihatan nya mudah dan bisa dilakukan siapa saja yang berada diatas motor, tapi ngga semua bisa melakukan tekhnik pengereman dengan benar (apalagi ibu – ibu sein kiri belok kanan). Tentunya saat pengereman ada cara dan tekhnik yang benar, jadi ngga cuman asal tarik handle rem dan injak pedal rem maka motor akan ngerem. Tidak semudah itu pulgoso..

Penasaran gimana teknik mengerem sepeda motor yang baik dan benar, berikut tipsnya:

  1. Jangan menekan atau menginjak tuas rem terlalu keras secara mendadak pada saat laju kendaraan sedang tinggi. Hal itu akan menyebabkan roda kendaraan slip sehingga laju motor menjadi tidak terkendali dan mengakibatkan kita bakal njungkel alias nyium aspal dengan sukarela.
  2. Rem yang paling efektif untuk mengurangi laju motor adalah rem depan, sementara rem belakang digunakan sebagai penyeimbang.
  3. Posisikan kedua tangan di handle setir dan gas, jangan sekalipun dua jari atau beberapa jari standby di handle rem yang tentunya akan lebih membahayakan pengendara motor tersebut maupun di belakangnya.
  4. Gunakan Rem depan untuk mengerem dan rem belakang untuk menyeimbangkan. Tidak disarankan untuk pengendara menekan handle rem depan secara berlebihan apalagi saat berboncengan sama pacarnya.
  5. Pastikan putaran gas terlepas terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dimana ketika posisi gas besar dan melakukan pengereman secara bersamaan.
  6. Pastikan keadaan di belakang aman ketika akan melakukan pengereman, terutama pengereman yang sifatnya mendadak yg akan mengakibatkan kecelakaan apabila kita tidak memperhatikan kondisi sekitar saat akan melakukan pengereman.

Semoga bermanfaat buat pembaca yang budiman dan budiwati sedikit tips dan trik tentang pengereman. Memang terlihat susah untuk yang biasa srudak sruduk, tapi percayalah lama kelamaan kita akan terbiasa dan semakin meningkatkan rasa aman dan kewaspadaan dalam berkendara di jalan raya.

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: