"> Inilah Wujud Asli Nenek Moyang Honda Beat - Becak Roda Dua

Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Inilah Wujud Asli Nenek Moyang Honda Beat

Mas Bro…

Pasti pernah dengar atau melihat Honda Beat kan? Yap, motor sejuta umat ini yang dikenal karena irit dan lincah ini ternyata juga punya nenek moyang yang merupakan cikal bakal Honda Beat yang sekarang lho. Penasaran ?

Honda Beat versi jadul disebut juga sebagai Honda FC50 dengan menggunakan mesin 2-tak 1-silinder berkubikasi 58cc. Canggihnya, mesin kecil tersebut sudah menggunakan pendingin cairan dan Honda mengklaim bahwa mesin Beat FC50 adalah mesin motor berpendingin cairan pertama di dunia.

Alasan Honda Beat FC50 sudah memakai radiator karena mesinnya memiliki kompresi tinggi. Power maksimum yang dihasilkan lumayan tinggi, yaitu 7,2 ps. Bandingkan dengan Beat keluaran terbaru sekarang, tenaganya masih 8,22 ps sehingga selisihnya juga tidak jauh.

Beat jadul dirancang sebagai skutik multifungsi dengan fitur canggih dan modern. skutik ini dibekali electric-starter yang ditenagai aki 12-volt. Ada lagi teknologi V-Tac, sebuah katup kecil pada knalpot yang bisa dibuka dengan tuas di ruang kaki sebelah kiri pengendara.

Katup ini mirip seperti teknologi Super KIPS yang ada pada Kawasaki Ninja 150 cc, bedanya hanya pada posisi katup itu bekerja. V-TACS mampu meningkatkan performa Honda FC50 pada putaran 5.500 rpm. Apabila digunakan di bawah 5.500 rpm, hasilnya tak terlalu signifikan.

Desain Honda Beat Jadul Mirip Kepala Bebek

Honda Beat FC50 lansiran tahun 1983 desain bagian depannya mirip kepala bebek dengan garis desain kotak-kotak mirip kubus. Sementara radiatornya ditempatkan di bagian fairing depan yang terlihat seperti paruh bebek.

Kemudian desain deknya tidak rata seperti Beat modern, tapi punya sekat tengah seperti Yamaha Nouvo atau NMax. Ukuran deknya termasuk besar dengan kursi dan body ramping. Semakin ke belakang, porsi desainnya mengecil.

Honda Beat Samping

Akibatnya, Honda Beat FC50 hanya bisa dikendarai oleh satu orang karena dimensinya yang kecil. Beat jadul ini juga hanya beredar untuk pasar domestik Jepang untuk pemakaian komuter atau aktivitas dalam kota.

Sekalipun cuma sebagai motor harian, instrumen panel Honda FC50 lebih lengkap ketimbang Honda Beat masa kini. Instrumennya terdapat tachometer (rpm), speedometer, suhu mesin, dan indikator bahan bakar.

Honda Beat 1

Spesifikasi Honda Beat FC50

  • Kapasitas mesin: 48cc (2.9 cu in).
  • Tipe mesin: liquid-cooled, two stroke.
  • Jumlah silinder: single.
  • Power maksimum: 7.2 PS (5.4 kW).
  • Transmisi: CVT belt.
  • Berat motor: 60 kg (dry), 65 kg (wet).

BACA JUGA :

Review Ban Presa Planeto Untuk Motor Matic

Edan… Vario Tampang Standart Ini Ngamuk Di Lintasan Drag Bike

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: