Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Error Kode 37 di Yamaha NMAX. Simak Penyebabnya

Bro n sist…

Beberapa waktu lalu, setelah error kode muncul di yamaha xmax kali ini giliran yamaha nmax yang mengalami nya. Berarti ngeri – ngeri sedap ini klo tiba – tiba sepeda motor lagi dipake terus tiba – tiba muncul error yang ngga di inginkan.

Menurut sumber di grup YAMAHA NMAX INDONESIA, dijelaskan bahwa biasanya muncul setelah throttle body dibersihin. Karena pada saat dibersihkan, tonjokan ISC (Idle Speed Control) yang di dalam menjadi lebih jauh dari lubangnya. Nah, Ini yang menyebabkan idle atau stasioner naik dan terdetect ECU saat melebihi 2.000 rpm (code 37) atau otomatis ISC-nya bermasalah.

Sebetulnya tinggal dibawa ke BERES (Bengkel Resmi) Yamaha untuk minta di resetkan ECU nya untuk menghilangkan error kode 37 ini. Tetapi, biasanya setelah di reset malah error ngga mau hilang. Terus solusinya gimana? Bisa jadi tonjokan ISC jadi lebih jauh dari lubangnya. Sehingga perlu dibuatkan ganjalan tambahan dengan ukuran tinggi yang pas.

Posisi ganjalan di ISC (di atas garis merah)

Tetapi alangkah lebih baik jangan sembarangan ganjal – bongkar pasang pada bagian ISC nya ini, karena juga berakibat kurang baik saat pemakaian jangka panjang, karena lama kelamaan bisa bikin RPM motor menurun.

 

 

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: