"> Check Engine Nmax Facelift Menyala, Ada Apakah Gerangan??? - Becak Roda Dua

Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Check Engine Nmax Facelift Menyala, Ada Apakah Gerangan???

Mas bro…

Sempat ramai beberapa waktu lalu bahkan sampai sekarang. Akhirnya admin ikut kepo dan memantau tentang apa yang terjadi di All New NMAX Facelift 2020. Kenapa?

Setelah mengikuti beberapa berita, bahwa nmax facelift ini tiba – tiba mengalami error “engine check” ketika baru turun ke tangan konsumen. Lho kok bisa? Sejauh ini berita yang beredar masih simpang siur, sampai admin pusing sendiri mau nulis artikelnya.wkwkwk

Belakangan tengah ramai di sosial media akan masalah yang menimpa all new Yamaha NMax, yakni lampu indikator engine check yang tiba-tiba menyala. Padahal motor tersebut masih dalam kondisi baru saat dibawa ke rumah.

Ternyata, masalah tersebut hadir karena ada masalah pada crankshaft position sensor dengan kode P0335. Ini diketahui usai dibawa dan diperiksa lebih lanjut oleh mekanik di bengkel resmi Yamaha lewat alat diagnostic.

General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menjelaskan, bila kasus ini karena hal yang sepele. Lampu indikator menyala pada motor tersebut yang viral, karena kebiasaan pemilik motor yang mematikan mesin menggunakan side stand atau standar samping yang mana itu tidak dianjurkan sekali.

“Saya sudah simulasikan kenapa error, ternyata saat mesin motor menyala dimatikannya tidak menggunakan main switch tapi menggunakan side stand. Ini kemudian diinformasikan ke ECU lalu engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction,” ujar Abidin saat ditemui di Yamaha DDS Cempaka Putih, Senin 3 Februari 2020.

Lebih lanjut, Ridwan Arifin yang adalah Service Education YIMM mengatakan bila lampu check engine yang menyala dikasus itu tidak menunjukkan adanya kerusakan komponen ataupun mempengaruhi kinerja mesin. Motor pun masih bisa dinyalakan dan dikendarai dengan normal.

“Motor sebenarnya masih bisa menyala, bekerja seperti biasa. Masih bisa digunakan normal,” ujar Ridwan.

Gratis Servis

Ridwan pun menyarankan agar para konsumen untuk tidak cemas bila mendapat masalah seperti itu pada Nmax terbarunya. Cukup bawa saja Motor ke bengkel resmi untuk menghilangkan lampu yang menyala pada panel indikator tersebut.

Cara mengatasi masalahnya pun mudah, motor yang bermasalah tersebut akan dihubungkan dengan Yamaha Diagnostic Tool (YDT) untuk kemudian dihapus data error engine check. Waktu pengerjaannya pun tak membutuhkan waktu yang lama, dan pastinya gratis karena motor masih garansi 3 tahun.

“Konsumen (yang mengalami permasalahan ini) bisa langsung datang ke bengkel dan tidak dipungut biaya. Gratis,” ujarnya.

Jadi, semoga masalah error “Engine Check” ini tidak berlarut – larut mas bro. Mengingat penjualan Nmax laris manis dan bisa jadi merupakan produk andalan dari Yamaha.

 

BACA JUGA :

Update Indikator “Check engine” Yamaha All new NMax 155, gara-gara standart samping ??

Intip Fitur dan Spesifikasi New Honda Revo – X

2 thoughts on “Check Engine Nmax Facelift Menyala, Ada Apakah Gerangan???

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: