Becak Roda Dua

Bahas Roda Dua, Bukan Roda Yang Lain

Bolehkah Air Mineral Sebagai Pengganti Air Radiator Untuk Motor ?

Mas bro…

Di jaman seperti sekarang, sudah kebanyakan motor menggunakan air radiator untuk sistem pendinginan motornya baik di motor skutik ataupun motor sport. Nah yang jadi pertanyaan adalah ketika kondisi darurat atau karena kita malas cek posisi air radiator di tabung reservoir yang mengakibatkan overheat apakah boleh menggantinya dengan air mineral?Tentunya kita sebagai pemilik motor juga wajib memperhatikan kondisi air radiator di tabung reservoir agar kinerja pendinginan tetap terjaga. Yang perlu diingat air radiator ada di atas batas aman maupun di bawah batas aman. Sebab berpengaruh pada performa radiator dalam mendinginkan mesin, jadi jangan sampai ketika sudah melewati garis bawah batas aman kita baru tau atau bahkan lupa sama sekali yang bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin karena kurangnya suplai air radiator.

“Jika dalam keadaaan kepepet lebih baik diisi dengan air mineral botolan,” bilang Ari Sarwono kepala mekanik dari Yamaha Tabrani Jaya Motor. “Air mineral sifatnya netral dan tidak membuat gejala karat radiator,” terangnya.

Tapi mengisi air radiator dengan air mineral hanya bersifat sementara saja lho, jadi jangan sampai keterusan dengan alasan ngirit karena sebenarnya air mineral tidak bisa menahan panas seperti air radiator. Dan yang paling penting jangan mencampur coolant atau air radiator dengan merk yang berbeda karena komposisi nya tiap merk pasti berbeda yang nantinya bakal terjadi penyumbatan dan menimbulkan kerak di sepeda motor.

Tinggalkan Komen Disini...

%d bloggers like this: